Beranda > Iptek > Flame ( malware/worm/virus) sebagai alat Cyberware

Flame ( malware/worm/virus) sebagai alat Cyberware

Flame adalah malware / worm / virus paling kompleks yang baru ditemukan dan memiliki fungsi untuk memata-matai kegiatan di negara Timur Tengah. (source preview infoteknologi.com)

Flame-malware-infeksi

Kaspersky Labs hari ini mengungkap malware Flame (Worm.Win32.Flame)yang fungsi utamanya sebagai alat Cyberware dan ditujukan untuk negara di Timur tengah. Malware Flame saat ini sedang diteliti lebih lanjut dan dideskripsikan sebagai salah satu ancaman keamanan yang paling kompleks yang pernah ditemukan.

“Flame” disebutkan 20 kali lebih komplek dibandingkan Stuxnet(Malware sabotase proyek nuklir Iran) dan juga memiliki ukuran yang juga lebih besar yaitu 20MB. Saking kompleksnya, Alexander Gostev (kepala divisi keamanan Kaspersky) mengatakan diperlukan lebih dari 10 tahun untuk memahami semua yg dilakukan Flame.

Kaspersky Labs pertama kali menemukannya di komputer yang berada di kementrian Perminyakan Iran dan telah menjangkiti ribuan komputer di Timur Tengah terutama di negara Iran dan Israel. Namun meski begitu penyebaran Flame saat ini sudah mencapai negara Hungaria dan Hong Kong.

Berbeda dengan Stuxnet yang fungsi utamanya untuk mensabotase proyek nuklir Iran, maka Flame lebih ditujukan untuk mensadap pembicaraan dan mengambil informasi penting yang ada di PC maupun sekitarnya. Berikut beberapa karakteristik dari Malware / Worm / Virus Flame:

· Mengaktifkan mikrofon dari komputer yang terinfeksi untuk merekam percakapan orang disekitar dan juga merekam percakapan dari program Skype.

· Mengambil Screenshot dari percakapan instant messages, email, dan juga aktivitas lain.

· Menyalakan Wireless Bluetooth dan men-scan device didekatnya untuk mengambil nama dan nomor telepon dari address book.

· Men-scan jaringan untuk mencari username dan password

· Menghapus file di komputer supaya keberadaannya tidak bisa dideteksi

Flame memang ditujukan untuk kegiatan spionase (mata-mata), namun telah dikonfirmasi bahwa malware / worm ini tetap dapat menyebar di jaringan dan komputer yang menggunakan Windows 7 meskipun sudah dipatch dengan update terbaru.

Untungnya (orang Indonesia memang selalu untung), malware Flame tidak akan membuat komputer anda rusak ataupun tidak berfungsi. (Sumber: Kaspersky Lab, Wired)

Kategori:Iptek
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: