Beranda > Iptek > Pembangkit Listrik Buatan Indonesia Di luncurkan

Pembangkit Listrik Buatan Indonesia Di luncurkan

images

Menteri Riset dan Teknologi Gusti M Hatta meresmikan demo Plant Smart Micro Grid. Katanya, teknologi ini mampu mengintegrasikan dan mengatur pemanfaatan berbagai pembangkit listrik energi terbarukan baik energi surya, angin, air, biomassa termasuk diesel.
Inisiatif BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) ini bagus dan yang pertama di Indonesia di Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT.

Menurut dia, smart grid ini didukung berbagai teknologi maju, baik peralatan elektronik maupun piranti teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Ia mengklaim teknologi merupakan solusi tepat di era yang semakin meningkatkan pemanfaatan berbagai energi terbarukan.
Sementara itu, Kepala BPPT Marzan A Iskandar mengatakan, smart grid ini merupakan pendekatan baru untuk mengoperasikan sistem tenaga listrik yang memanfaatkan teknologi komunikasi, komputer, dan siber dalam menyalurkan energi listrik di masa datang.

Implementasi smart grid akan memberi keuntungan yang lebih besar. Hal ini dikarenakan jumlah pembangkit terbarukan dan unit penyimpan yang terdistribusi dan terintegrasi meningkat, efisiensi meningkat, biaya operasional menurun, keandalan meningkat dan emisi karbondioksida (CO2) menurun.

Smart grid ini, adalah pilot percontohan yang mengintegrasikan energi surya, mikro hidro, dan pembangkit diesel. Smart grid dimaksudkan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar diesel yang banyak digunakan di daerah terpencil seperti Sumba Barat Daya.
Diharapkan demo ini akan menjadi rujukan baik dari segi teknologi maupun dari segi keekonomiannya termasuk rujukan untuk membuat smart grid jual-beli listrik di perkotaan, katanya.

Demo Plant Smart Micro Grid Sumba berada di Desa Billa Cenge, Sumba Barat Daya yang mengintegrasikan pembangkit surya berkapasitas 500 kWp ke dalam sistem jaringan 20kV milik PLN.

Jaringan PLN itu saat ini didukung dua pusat pembangkit listrik tenaga diesel di Kota Waikabubak 7 unit dan di Kota Waitabula 4 unit serta pembangkit mikrohidro di desa Lokomboro 3 unit ( sumber metrotvnews.com)

Kategori:Iptek
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: