Beranda > Info Sehat > Mengatasi Mual Saat Hamil

Mengatasi Mual Saat Hamil

hmil

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil – Rasa mual dan muntah banyak dialami oleh ibu hamil, bahkan rasa mual tersebut sering diisyaratkan sebagai tanda awal kehamilan. Keluhan mual dan muntah (morning sickness)Banyak wanita yang mengalami keluhan muntal dan mual saat hamil, terutama pada kehamilan trimester pertama. Ada yang benar-benar tak bernafsu makan sama sekali karena rasa mual yang sangat kuat.

Apalagi, setelah makan semuanya dimuntahkan. Rasa mual saat kehamilan adalah wajar bagi ibu ibu hamil, karena orang hamil mengalami perubahan hormonal sehingga membuatnya menjadi sensitif terhadap bau, tekstur, dan penampakan makanan. Tubuh sedang melakukan adaptasi terhadap perubahan hormonal tersebut, dan gejala mual dan muntah akan semakin berkurang pada trimester kedua dan ketiga kehamilan.

Setiap wanita hamil akan memiliki tingkat derajat mual yang berbeda-beda, ada yang tidak terlalu merasakan apa-apa, tapi ada juga yang merasa mual dan bahkan ada yang merasa sangat mual dan muntah setiap saat sehingga memerlukan pengobatan (hiperemesis gravidarum).

Meski dinilai normal dan wajar, rasa mual saat hamil dapat menghambat aktivitas, bahkan dapat membuat ibu dan janin kekurangan gizi. Karena dalam banyak kasus, calon ibu merasa mual dan muntah saat mencium bau makanan, termasuk nasi.
Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mual saat hamil ini diantaranya:

1. Konsumsi Gizi Seimbang

Pilihlah makanan yang tinggi karbohidrat dan protein. Konsumsi juga buah dan sayuran. Makanlah dalam porsi sedikit tapi sering. Hal ini untuk mencegah perut kosong dan mempertahankan kestabilan kadar gula darah.Makan makanan yang tinggi karbohidrat dan protein yang dapat untuk membantu mengatasi rasa mual anda. Banyak mengkonsumsi buah dan sayuran dan makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, kentang, biscuit, dll

2. Bergerak Perlahan

Di pagi hari sewaktu bangun tidur jangan langsung terburu-buru terbangun, cobalah duduk dahulu dan baru perlahan berdiri bangun. Bila anda merasa sangat mual ketika bangun tidur pagi siapkanlah snak atau biscuit didekat tempat tidur anda, dan anda dapat memakannya dahulu sebelum anda mencoba untuk berdiri.

3. Hindari Pemicu Mual

Setiap ibu hamil memiliki hal-hal tertentu yang dapat memicu mual, seperti parfum,asap rokok/kendaraan atau makanan berbau tajam.

4. Konsumsi Jahe

Pengobatan Tradisional : Biasanya orang menggunakan jahe dalam mengurangi rasa mual pada berbagai pengobatan tradisional. Penelitian di Australia menyatakan bahwa jahe dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi rasa mual dan aman untuk ibu dan bayi. Pada beberapa wanita hamil ada yang mengkonsumsi jahe segar atau permen jahe untuk menbantu mengatasi rasa mualnya.

5. Relax dan Istirahat

Istirahat dan relax akan sangat membantu anda mengatasi rasa mual muntah. Karena bila anda stress hanya akan memperburuk rasa mual anda. . Ambilan waktu untuk anda! cobalah beristirahat yang cukup dan santai, dengarkan musik, membaca buku bayi atau majalah kesayangan anda dll. Hadapilah kehamilan anda dengan kebahagian, karena ini adalah anugerahNya.:-)

 

Makan dalam jumlah sedikit tapi sering, jangan makan dalam jumlah atau porsi besar hanya akan membuat anda bertambah mual. Berusahalah makan sewaktu anda dapat makan, dengan porsi kecil tapi sering. Itu juga sangat disarankan

( Sumber – sumber yang terpercaya )

Kategori:Info Sehat
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: