Beranda > Politik > APA LAGI INI….??????

APA LAGI INI….??????

 image

Heran, DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu ) Belum Dibentuk

  Ada apa lagi nih….???? dari dulu samapi sekarang urusan (politik) pemilu tidak pernah klar dari dari sepengetahuan saya sudah banyak terbentuk berbagai macam dewan yang menangani masalah pemilu tetapi ujung…ujungnya tidak pernah jelas teori dan implementasinya tidak pernah sejalan.

imageimage

“Wall hasil dalam pelaksanaanya kisruh diberbagai daerah…ada apa ini ?yang jelas solusinya satu yaitu masing-masing yang berkopenten bekerjalah demi negaramu,rakyatmu dan  dengan hati tampa pamrih tidak untuk kepentingan pribadi kelompok ataupun golongan apalagi berteori demisebuah popularitas…….( sepenggal cerita dari bloger)

JAKARTA – Koordinator Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indoensia (Sigma) Said Salahudin mendesak pemerintah dan DPR segera membentuk Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Karena berdasarkan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 tahun 2011 tentang Penyelenggara pemilu, lembaga baru yang merupakan satu kesatuan fungsi penyelenggaraan pemilihan umum bersama KPU dan Bawaslu itu seharusnya sudah mulai bekerja pada sekitar satu bulan ke depan.

“Undang-Undang Penyelenggara Pemilu pasal 109 ayat (3) yang memerintahkan DKPP terbentuk paling lama dua bulan sejak anggota KPU dan Bawaslu mengucapkan sumpah. Kalau perhitungan pelantikan anggota KPU dan Bawaslu pada 12 April 2012, maka, DKPP semestinya terbentuk pada 12 Juni 2012. Ini amanah konstitusi, karena itu harus segera dilakukan,” katanya kepada INDOPOS, kemarin.

Dari hasil penelusuran Sigma, kata Said, Komisi II DPR selaku pengusul 3 (tiga) anggota DKPP, belum membahas secara teknis terkait persoalan ini. Padahal, ada serangkaian proses yang perlu waktu panjang bagi DPR untuk menetapkan tiga anggota DKPP itu. Pertama, DPR perlu membentuk semacam panitia seleksi (pansel) untuk menetapkan calon. Karena, menurutnya, mustahil bagi 9 partai politik di DPR dengan segala perbedaan kepentingan, bisa langsung berbulat suara memilih calon tanpa suatu mekanisme pemilihan yang disepakati bersama.

Kedua, lanjutnya, belajar dari proses seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu yang memerlukan waktu hingga dua bulan. “Maka, sulit membayangkan Pansel DKPP bentukan DPR itu dapat menyelesaikan pekerjaan hanya dalam hitungan minggu. Ini harus didesak agar nantinya semua bisa berjalan dengan efektif dan sesuai dengan amanah peraturan yang ada,” imbuhnya.

Lebih lanjut, diungkapkan Said, pengusulan dua anggota DKPP oleh Pemerintah pun dinilai masih misterius. Sigma hanya memperoleh informasi dari Kemendagri bahwa saat ini Presiden melalui (Kementerian Dalam Negeri) Kemendagri masih memeroses tanpa ada kepastian. “Apakah nama-nama yang akan diusulkan akan terlebih dahulu disodorkan kepada publik atau bisa jadi ternyata sudah disiapkan kita belum tahu,” terangnya.

Sementara KPU, selaku koordinator administratif atas pengusulan tiga anggota DKPP dari DPR, belum terlihat bersikap proaktif untuk menanyakan kesiapan DPR, Presiden, dan Bawaslu terkait pengisian anggota DKPP. Untuk itu, Sigma meminta kepada DPR dan Presiden untuk menyampaikan terlebih dahulu kepada publik tentang mekanisme pengusulan calon anggota DKPP.

“Kami mendesak pemrintah agar memberikan jaminan bahwa calon yang diusulkan memiliki integritas, independensi, dan sama sekali tidak pernah terlibat dalam partai politik. Kemudian, mengantisipasi tidak terpenuhinya ketentuan Undang-Undang No 15/2012 pasal 109 ayat (3),” pungkasnya. dms (indopos)

Kategori:Politik
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: